Cara Cek IMEI Xiaomi Paling Mudah dan Cepat

Cara Cek IMEI Xiaomi - IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang biasanya digunakan untuk produk smartphone. Setiap smartphone memiliki nomor IMEI yang berbeda, karena memang menjadi identitasnya. Nomor IMEI ini sendiri digunakan untuk meminimalkan maraknya peredaran produk HP palsu, KW dan ilegal (BM). Dari nomor IMEI ini sendiri kita bisa dengan mudah mengetahui keaslian dari HP android.

Dari sekian banyaknya merek smartphone di pasaran, salah satu brand yang paling banyak dipalsukan produknya adalah Xiaomi. Produk Xiaomi memang sedang laris di pasaran, karena itulah banyak pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal ini untuk mengambil keuntungan pribadi. Untuk mencegah hal ini Anda perlu mengetahui dara cek IMEI Xiaomi. Jika sudah mengetahuinya, nantinya Anda bisa memanfaatkan nomor IMEI perangkat tersebut untuk cek keaslian HP Xiaomi.

 

Cara Cek IMEI Xiaomi Paling Mudah dan Cepat

 

Untuk mengetahui nomor IMEI HP Xiaomi sebenarnya sangat mudah, hanya saja tidak semua pengguna tahu bagaimana cara melakukannya. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini kami akan membahas bagai mana cara cek nomor IMEI Xiaomi tersebut. Langkah-langkah selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

 

1. Cek melalui kotak dus HP

 

Jika Anda membeli HP Xiomai dalam keadaan masih baru, pastinya akan dilengkapi dengan kotak dus. Di kotak HP tersebut tertera informasi nomor IMEI perangkat, lebih tepatnya berada di belakang kotak dus.

Nomor IMEI ini sendiri umumnya berupa kumpulan kombinasi nomor unik yang jumlahnya sekitar 16 digit. Masing-masing perangkat pastinya punya nomor IMEI yang berbeda-beda. Selain di belakang kotak dus, nomor IMEI biasanya juga tertera di belakang bodi HP atau di bawah baterai.


2. Cek melalui menu Pengaturan HP


Cara yang kedua bisa Anda lakukan melalui menu Pengaturan HP Xiaomi. Cara ini diklaim lebih mudah karena Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan atau alat apapun. Cara ini juga diklaim lebih akurat dalam menampilkan nomor IMEI HP. Dari nomor IMEI yang sudah didapatkan tersebut bisa Anda cocokkan dengan nomor IMEI yang tertera di kotak dus. Jika berbeda nomornya, maka bisa dipastikan HP Xiaomi tersebut palsu atau ilegal.

 

Adapun langkah-langkah cek nomor IMEI HP Xiaomi melalui menu Pengaturan selengkapnya, sebagai berikut:

 

  • Langkah pertama buka menu Settings atau Pengaturan di HP Xiaomi. 
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Sistem. 
  • Pada halaman informasi sistem Anda pilih opsi Tentang Ponsel. 
  • Di sana akan tertera informasi mengenai nomor IMEI perangkat HP Xiaomi. Jika memang HP Xiaomi Anda termasuk dual SIM, maka nomor IMEI akan ada dua yakni IMEI SIM1 dan IMEI SIM2.  
  • Untuk mengetahui nomor IMEI perangkat, Anda klik salah satu IMEI, baik itu SIM1 ataupun SIM2. 

 

3. Cek IMEI menggunakan kode dial


Selain cara di atas, Anda juga bisa mengecek nomor IMEI HP Xioami melalui kode dial. Caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

 

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Panggilan atau Telepon. 
  • Pada mode Keypad, Anda ketikkan kode *#06#, lalu klik Panggil / OK. 
  • Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis di layar muncul pop up yang berisi nomor IMEI perangkat. Sama seperti sebelumnya, jika HP Xiaomi Anda termasuk dual SIM, maka nomor IMEI yang ditampilkan ada 2 yakni IMEI SIM1 dan SIM2.

 

Itulah tadi beberapa cara cek nomor IMEI Xiaomi paling mudah dan akurat bisa coba Anda terapkan. Gunakan nomor IMEI yang sudah didapat tersebut untuk mengecek keaslian HP. Semoga informasi di atas bermanfaat.