Bisa Uji Kecepatan Ponsel! Begini Cara Menggunakan AnTuTu

Cara Menggunakan AnTuTu - Berbagai brand smartphone terus berlomba-lomba menghadirkan ponsel terbaru dengan mengusung banyak sekali kelebihan. Fitur-fitur terbaru disematkan didalamnya, tidak lain bertujuan untuk memanjakan para peminatnya. Selain fitur canggih, performa smartphone juga menjadi perhatian utama bagi pengguna. Ponsel dengan performa terbaik akan lebih banyak dipilih dibandingkan dengan yang kinerjanya lambat. 

 

Performa HP android yang maksimal tentunya tidak terlepas dari sematan spesifikasi yang dibawanya. Tidak hanya sematan RAM yang besar saja, komponen lain seperti chipset, prosesor, hingga GPU juga mempengaruhi performa kinerja HP. Untuk mengetahui kecepatan performa HP, tidak bisa dikira-kira tanpa bantuan alat. Anda bisa memanfaatkan yang namanya aplikasi AnTuTu untuk menguji kecepatan HP android. Bagi Anda yang masih belum tahu, berikut cara menggunakan AnTuTu untuk menguji kecepatan smartphone bisa Anda terapkan.

 

Cara Menggunakan AnTuTu untuk Menguji Kecepatan Ponsel

 

AnTuTu merupakan salah satu aplikasi benchmark yang paling terkenal dan populer digunakan sekarang ini. Aplikasi inilah yang dianggap paling akurat untuk mengetahui performa sebuah HP android. Dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana, membuat aplikasi satu ini sangat mudah untuk digunakan.

Berikut ini cara menggunakan AnTuTu guna untuk menguji kecepatan HP android selengkapnya, yakni:

 

  • Langkah yang pertama Anda perlu menginstall aplikasi AnTuTu di HP android. 
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Aplikasi nantinya akan meminta izin untuk akses beberapa fitur di HP, seperti kontak telepon, SMS hingga media di HP. 
  • Selanjutnya Anda klik tombol Unduh & Install. Sebelum menggunakan AnTuTu Anda masih membutuhkan bahan atau alat bantu lain untuk menguji kecepatan ponsel. Lanjutkan dengan klik Dapatkan dari Toko. 
  • Anda akan diarahkan ke halaman download aplikasi bernama Antutu 3DBench. Aplikasi ini nantinya akan membantu Anda untuk menganalisa kecepatan performa dari ponsel melalui video dan gambar berbasis 3D. Langsung saja unduh aplikasi tersebut dengan cara klik tombol Install. 
  • Secara otomatis aplikasi AnTuTu akan mulai melakukan Benchmark. Tunggu proses Benchmark tersebut hingga selesai untuk nantinya mengetahui hasil uji kecepatan ponsel. 
  • Prosesnya yakni HP akan menampilkan video dan gambar 3D dari aplikasi Antutu 3DBench yang sudah Anda install sebelumnya. 
  • Jika proses Benchmark sudah selesai, nantinya aplikasi AnTuTu akan menampilkan skor dari Benchmark yang dilakukan tadi. Semakin tinggi skor Antutu sebuah perangkat HP, berarti performanya akan semakin bagus dan cepat. 

 

Dari hasil skor Antutu di atas, Anda bisa mengetahui seberapa cepat performa dari ponsel yang Anda miliki. Seperti yang sudah dijelaskan, semakin besar skor Antutu maka semakin cepat performa HP android. HP tersebut akan mampu melibas berbagai aplikasi dan game berkapasitas sekali pun.

Dan sebaliknya, jika hasil skor Antutu ponsel sangat rendah, bahkan dibawah angka 50 ribuan maka performanya tentu tidak begitu bagus. Smartphone akan sering mengalami lag atau bahkan hang jika dipaksakan untuk menjalankan banyak aplikasi atau game secara bersamaan. Terutama untuk game-game berat, berbagai masalah akan terjadi pada smartphone tersebut.

 

Setiap bulannya AnTuTu Benchmark selalu mengupdate daftar smartphone dengan skor AnTuTu tertinggi. Di bawah ini ada 10 daftar smartphone flaghship terbaik yang punya skor paling tinggi dibanding smartphone lainnya, antara lain:

 

Asus ROG Phone 2 = 496.662

OnePlus 7T = 482.881

OnePlus 7T Pro = 482.532

Realme X2 Pro = 476.185

OnePlus 7 Pro = 465.246

OnePlus 7 = 455.587

Redmi K20 Pro Premium Edition = 452.783

Asus ZenFone 6 2019 = 452.776

Samsung Note 10+ = 449.659

Samsung Note 10+ 5G = 443858

 

Itulah tadi cara menggunakan AnTuTu untuk menguji kecepatan performa ponsel yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.